Distrik Ngada terkenal karena kekayaan budaya yang luar biasa. Sebuah arhitecture berbeda dan ekspresi materi menarik dari sistem masyarakat Ngada ini kuno keyakinan, seperti altar batu besar dan kehidupan seremonial hidup. Sungguh menakjubkan untuk melihat bagaimana tradisi ditegakkan dengan komitmen yang kuat yang didasarkan pada kehormatan dan penghormatan terhadap nenek moyang tidak lama orang-orang Ngada ini.

Upacara yang paling penting adalah Reba, perayaan diadakan syukuran tahunan untuk menunjukkan rasa hormat kepada Tuhan dan leluhur untuk diberkati dengan panen yang baik dan kekayaan.

Reba biasanya berlangsung selama tiga hari penuh upacara dan kegiatan ritual yang melibatkan sejumlah besar tanaman pangan dan ternak yang telah dikumpulkan di muka. Ini berfokus pada legenda nenek moyang masyarakat yang melakukan perjalanan dari jauh untuk mencari tempat yang lebih baik untuk menanam tanaman mereka dan bangkit lifestock mereka. Sebagai yam digunakan untuk menjadi makanan pokok yang paling penting di masa lalu, tidak mengherankan bahwa banyak fokus ritual pada umbi nutrisi ini.

Umumnya Reba terdiri dari severel tahap upacara yang berbeda, dimulai dengan mengumpulkan persembahan, menerima tamu, menari, membaca mitos asli, dan memuji akar ubi. Namun rutuals awal terkait dengan Reba mulai satu minggu menjelang festival yang sebenarnya. Beberapa ritual ini diadakan di pinggiran desa. Salah satunya disebut Bui Loka upacara untuk membersihkan loka atau lanu situs ritual di luar desa, wth batu batu kurban di mana kurban hewan yang dibuat. Beberapa upacara Reba kemudian diadakan di Kisanata, termasuk makanan komunal. ritual lain yang berpusat diseluruh kuil leluhur. Ngadhu adalah batang kayu tinggi dengan ukiran dan kerucut, atap jerami yang mewakili nenek moyang laki-laki pertama klan. Bhaga adalah tampak seperti miniaturof sebuah rumah Ngada, singkatan nenek moyang wanita pertama. Festival ini berakhir dengan membuang semua kulit ubi keluar dari desa. hewan korban juga merupakan bagian penting dari ritual sakral selama festival.

Reba Perayaan diadakan di hampir semua desa dari Ngada suku awal Desember sampai Februari. Anda diundang untuk berpartisipasi dalam festival syukur ini. Ini adalah cara unik dalam merayakan kepercayaan lokal putih di Ngada – Flores Tengah.