Dikenal sebagai “Pati Ka Do’a Bapu Ata Mata” Ini adalah Festival dalam menghormati leluhur di Kelimutu. orang Lio percaya Kelimutu adalah tempat peristirahatan terakhir dari semua jiwa. Ini adalah tempat perjalanan hidup kita berakhir. Pati Ka Do’a Bapu Ata Mata adalah acara di mana orang-orang Lio mengorbankan berbagai jenis menawarkan makanan kepada leluhur, menunjukkan rasa terima kasih mereka selama setahun terakhir terus doa berkat untuk tahun mendatang.

14 Agustus adalah hari suci bagi orang-orang Lio. Ini adalah waktu untuk merayakan dan menghormati nenek moyang mereka. Setiap tahun, ratusan orang terus perjalanan ziarah ke puncak gunung Kelimutu. Mulai dari 2.014 ritual adat ini secara resmi menjadi tuan rumah dan diselenggarakan di bawah koordinasi Kelimutu Taman Nasional dan Kebudayaan dan Pariwisata Departemen Ende.

Prosesi ini dimulai dengan persiapan komunal dan pertemuan di tempat parkir National Park, berikut dengan pendakian gunung untuk Tiwu Ata Polo mana sebuah altar batu ditempatkan. altar adalah tempat di mana semua persembahan makanan disajikan. altar menjadi pusat untuk seluruh ritual dan pertunjukan sepanjang hari. Nyanyian dan doa menyertai ritual dengan ratusan orang diserap di bangun. Setelah ritual adat disimpulkan, orang berjalan kembali ke titik awal di mana serangkaian pertunjukan budaya yang diselenggarakan.

Anda diundang untuk berpartisipasi dalam acara ini. Ini adalah cara unik dalam merayakan kepercayaan lokal putih di Ende – Flores Tengah

Translate »